Kreativitas Pemuda Ditanamkan Melalui ‘Historical Hunt of Indonesia’ di Kota Tua

Avatar photo

- Pewarta

Senin, 30 Oktober 2023 - 10:53 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto : Komunitas Langkah Berbagi Bersama Pusat Pendidikan dan Pelatihan Nasional Selenggarakan Program Literasi Digital Bertajuk Historical Hunt of Indonesia di Kota Tua dan Kepulauan Seribu. (Doc.Ist)

Foto : Komunitas Langkah Berbagi Bersama Pusat Pendidikan dan Pelatihan Nasional Selenggarakan Program Literasi Digital Bertajuk Historical Hunt of Indonesia di Kota Tua dan Kepulauan Seribu. (Doc.Ist)

HARIANBANTEN.COM – Dalam rangka mempromosikan literasi digital dan menggali kreativitas pemuda Indonesia dalam pembuatan konten video sejarah, Komunitas Langkah Berbagi bekerja sama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Nasional (Pusdiklatnas) menyelenggarakan program bertajuk “Historical Hunt of Indonesia.”

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Program ini didukung sepenuhnya oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan berlangsung selama tiga hari, yakni dari tanggal 27 hingga 29 Oktober 2023, menjelang peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober.

Ketua Komunitas Langkah Berbagi, Handiyono Aruman, menyampaikan, Dari 260 peserta yang mendaftar, melalui proses seleksi dan pra-pelatihan dengan menggunakan platform zoom, sebanyak 45 peserta berhasil lolos.

Harapan kami, program ini akan menjadi simbol menuju Indonesia Emas 2045.

Bang Aruman juga berharap peserta akan berbagi pengetahuan mereka dengan orang lain, sejalan dengan tagline kegiatan ini, “Historical Hunt of Indonesia chapter Jakarta.”

Ia berharap program serupa dapat digelar di seluruh provinsi di Indonesia, memungkinkan pemuda dari berbagai daerah untuk berkontribusi dalam mempromosikan sejarah Indonesia.

Dr. Suat Zawawi, S.H., Ketua Pusdiklatnas, menekankan pentingnya peran pemuda dalam menciptakan karya dan inovasi yang dapat mengangkat Indonesia ke tingkat lebih tinggi.

Dalam sambutannya, Drs. Suat Zawawi, S.H., Ketua Pusdiklatnas, mengatakan, “Pemuda harus menjadi pemberani, menciptakan karya, dan berinovasi demi Indonesia yang lebih maju.”

Dalam kegiatan ini, para peserta diberi tugas untuk menjelajahi kawasan Kota Tua Jakarta dengan tujuan merekam objek-objek bersejarah yang akan disusun menjadi konten video pendek dengan durasi 1 hingga 3 menit.

Video-video ini kemudian diunggah ke akun Instagram pribadi masing-masing peserta.

Peserta juga mendapatkan bimbingan langsung dari ahli profesional di bidang videografi untuk memahami teknik pengambilan gambar, penyuntingan video, serta aspek-aspek teknis lainnya dalam pembuatan video.

Asisten Deputi Karakter Pemuda dari Kemenpora, Dr. Amar Ahmad, M.Si., juga mengajak pemuda untuk terus berkembang dan menciptakan karya terbaik sebagai wujud cinta kepada tanah air Indonesia.

Dr. Amar mengungkapkan, “Di tangan-tangan kreatif generasi muda, cita-cita besar Indonesia menjadi negara emas pada tahun 2045 dapat tercapai.

Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk menghasilkan karya terbaik yang dapat memberikan kontribusi positif bagi Indonesia.”

Melalui program ini, diharapkan para peserta akan memperoleh literasi digital yang kuat, memungkinkan mereka untuk menjadi penggerak utama dalam menggali dan mempromosikan sejarah Indonesia melalui karya-karya terbaik yang mereka hasilkan.

Selain merayakan kreativitas pemuda, kegiatan ini juga merupakan wujud peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2023.

Semoga karya-karya para peserta mampu membantu mewujudkan Indonesia sebagai negara maju di masa depan.

Berita Terkait

NS Aji Martono dari BNSP dan Diskusi Sertifikasi LSP TIK Global: Mempertegas Komitmen untuk Mengembangkan SDM Unggul di Industri TIK
Ternyata Ditemukan Tak Bernyawa di Rumahnya, Awalnya Warga Curiga Dokter Hewan Tak Keluar Beberapa Hari
Kapolri Utus Tim Divhumas Hadiri Workshop Jurnalistik Media POV Indonesia, Wido Yutrusno: Terimakasih Jenderal
Media POV Indonesia Adakan Workshop Jurnalistik, Ini Tujuannya
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 14:53 WIB

Terkait Isu Pemangkasan Anggaran Makan Bergizi Gratis, Begini Tanggapan Gibran Rakabuming Raka

Senin, 8 Juli 2024 - 21:00 WIB

Polda Lampung Tangani Kasus Penembakan yang Dilakukan Anggota DPRD Lampung Terhadap Warga

Kamis, 20 Juni 2024 - 10:33 WIB

Serahkan Uang Sebesar Rp800 Juta kepada Firli Bahuri, Syahrul Yasin Limpo Disebut Beri Arahan ke Bawahan

Rabu, 19 Juni 2024 - 09:37 WIB

Kasus Harun Masiku, Hari Ini KPK Jadwalkan Pemeriksaan Staf Sekjen PDI Perjuangan Bernama Kusnadi

Sabtu, 15 Juni 2024 - 15:53 WIB

Prabowo Subianto Laporkan Inisiatif Khofifah ke Jokowi, Tampung Yatim Piatu Palestina di Ponpes Jatim

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:41 WIB

Dari Medis hingga Pendidikan, Prabowo Subianto Tegaskan 4 Poin Upaya Indonesia untuk Bantu Rakyat Gaza

Senin, 10 Juni 2024 - 15:39 WIB

KPK Panggil Adik SYL dan Arjunsing Mandala Putra Jadi Saksi Terkait Kasus Dugaan TPPU

Jumat, 7 Juni 2024 - 16:04 WIB

Prabowo Subianto Kenakan Kacamata Hitam, Momen Kebersamaan Wartawan Istana Foto Bareng

Berita Terbaru